Menghilangkan Shadow / Bayangan Jendela Mac OS X

Shadow adalah bayangan yang biasaya berada pada setiap tepi jendela aplikasi Mac OS, bagi sebagian pengguna biasa memang akan terlihat mempercantik sistem operasi Mac OS. Namun bagi sobat yang menggunakan sistem operasi Mac OS untuk melakukan pekerjaan menulis artikel yang disertai screenshoot untuk kemudian diposting di blognya, keberadaan shadow ini mungkin agak menggangu ketika screenshoot tersebut diposting di blog sobat.
Dengan adanya shadow ditepi jendela aplikasi ini, membuat hasil screenshot menjadi tidak rapi danmembuat  jarak antara gambar dan tulisan akan menjadi cukup jauh.

Nah kali ini bizznet coba berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menghilangkan sementara shadow tersebut pada saat obat mengambil screenshot dengan Mac OS.


Cara pertama 


Jalankan Terminal dan ketik baris perintah berikut dan tekan enter :  

defaults write com.apple.screencapture disable-shadow -bool true
Kemudian ketik kembali perintah berikut dan tekan enter :  
killall SystemUIServer
Nah sekarang lihat hasilnya? silahkan gunakan Command+Shift+4 untuk mengambil screenshoot, dan shadow yang ada di tepi jendela aplikasi sudah hilang.


Untuk mengembalikannya, ketik baris perintah berikut pada Terminal dan tekan enter :
defaults write com.apple.screencapture disable-shadow -bool false;killall SystemUIServer


Cara kedua


Dengan menggunakan sebuah aplikasi gratis ShadowKiller silhkan download disini
Kemudian jalankan aplikasinya dan selesai. Shadow sudah tidak ada lagi disetiap jendela aplikasi Mac OS, namun aplikasi ini juga bersifat non permanen, artinya pada saat Mac OS direstart shadow akan kembali muncul ditepi jendela aplikasi. apabila shadownya ingin dihilangkan kembali tinggal sobat jalankan aplikasi ShadowKillernya.

Terimakasih semoga bermanfaat

1 comment :